Halaman

Minggu, 23 Maret 2014

Cara Mudah Berfikir Positif

Sebuah hadist Qudsi menjelaskan tentang konsep dasar berpikir positif.
Sesungguhnya Allah berkata: “Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku” (HR.Muslim)

Hakikat berpikir positif adalah yang datang dari Allah SELALU baik.
Tantangannya adalah kadang Allah memberikan hikmah dengan cara yang tidak kita sukai. Nah, untuk orang yang berpikir positif, dia yakin bahwa dibalik semua itu ada kebaikan bagi manusia. Berpikir positif bukan berarti menganggap semua manusia atau makhluq akan selalu berbuat baik kepada kita. Namun yang selalu baik itu datang dari Allah, bahkan melalui kejadian buruk sekalipun. Kita harus berbaik sangka kepada manusia sambil tetap waspada. Berpikir positif juga bukan berarti semua hal yang salah menjadi baik. Namun kita bisa menemukan kebaikan dibalik kesalahan. Salah tetap salah, namun dibalik kesalahan ada hikmah. Hikmah inilah yang selalu baik.

Berpikir positif adalah hal yang paling penting dalam menjalani kehidupan karena kualitas pikiran  sangat menentukan kesuksesan seseorang. Pikiran itu sama seperti cahaya, ia menerangi dan mewarnai orang-orang disekeliling kita. Pola pikir dan suasana hati yang buruk akan mempengaruhi orang-orang yang berada didekat kita begitu juga sebaliknya, maka sangat penting untuk kita membangun dan menumbuhkan sikap dan pikiran positif dalam kehidupan sehari-hari terutama didalam keluarga.
Untuk merubah pikiran menjadi positif, diperlukan latihan dan kemauan yang kuat untuk merubah diri karena sikap dan pola pikir tidak dapat berubah dalam sekejap. Menumbuhkan sikap untuk selalu berfikir positif memerlukan waktu seluruh hari kita karena Berfikir positif yang benar tidak bisa didapatkan dengan berfikir positif setengah hari dan selebihnya berfikir negatif, melainkan berusaha 24 jam agar selalu  berfikir positif. Hal ini membutukan kenyakinan dan kekuatan batin yang kuat.

Jika anda memiliki keinginan kuat untuk merubah pikiran menjadi positif, tulisan kali ini akan membantu anda untuk selalu berfikir positif dan terjaga dari pikiran negatif.
*Gunakan kekuatan pikiran anda  karena Kekuatan dari pikiran dapat membuat hidup menjadi lebih beragam dan merupakan kekuatan dahsyat dalam merubah kehidupan. Proses pembentukannya terjadi dibawah alam sadar tapi ia juga dapat dibentuk secara sadar dengan cara mengubah pola pikir menjadi lebih positif dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan atau diulang secara terus menerus. Contoh Selalu menggunakan kata-kata positif  berfrase pendek sebagai kebiasaan dalam berfikir dan berbicara : Saya Bisa, itu dapat diwujudkan, semua dapat dilakukan, Tidak ada yang tidak mungkin, dll.
*Visualisasikan keadaan yang menguntungkan dan bermanfaat bagi anda. Jadikan kebahagiaan, kekuatan dan keberhasilan sebagai satu-satu kesadaran yang mengaliri jiwa, membentuk mental dan mewarnai aksi anda. Tersenyumlah sedikit lebih banyak karena senyuman dapat membantu anda lebih berfikir positif. Abaikan perasaan malas dan keinginan untuk berhenti, jika anda bertahan maka pola pikir anda akan berubah.

*Bacaan dan tontonan sangat mempengaruhi pola pikir seseorang. Biasakan diri untuk membaca dan mendengarkan kisah inspiratif dari orang-orang sukses yang dapat membantu anda untuk lebih berfikir positif dan semakin bersemangat untuk meraih kesuksesan anda. Kurangi membaca koran dan mendengarkan berita yang bersifat negatif.

*Berolahragalah walaupun hanya berjalan, berenang dan melakukan aktivitas yang sederhana, karena berolahraga  dapat membantu seseorang  untuk lebih berfikir positif dan percaya diri dibanding orang yang pasif.

*Disaat pikiran negatif mulai memasuki pikiran anda, waspadai dan gantikan pikiran tersebut dengan pikiran yang lebih konstruktif. Pikiran negatif akan mencoba memasuki pikiran anda lagi, dan sekali lagi anda harus menggantikannya dengan pikiran positif. Seakan-akan ada dua gambar yang harus anda pilih. Pilihlah salah satu gambar tersebut dan abaikan gambar yang lain. Ketika anda merasakan perlawanan dari dalam diri anda disaat anda sedang berusaha mengganti pikiran-pikiran negatif tersebut, jangan menyerah. Tetap fokuskan diri  pada pikiran-pikiran yang positif dan menyenangkan.

*Terlepas dari keadaan anda saat ini, berusahalah untuk selalu berpikir positif  karena semua hal yang terjadi dalam hidup anda merupakan salah satu cara Allah untuk menjadikan anda pribadi yang lebih baik lagi. jadi Pikirkanlah hasil serta situasi yang menguntungkan bagi anda, dan keadaan akan berubah sesuai dengan pikiran anda. Perubahan ini tentunya membutuhkan waktu, namun pada akhirnya perubahan akan terjadi.

*Semoga Bermanfaat