Halaman

Senin, 02 Desember 2013

DRESSED FOR SUCCESS




A.   Kita dilahirkan kaya dan sukses
(siapa pun dapat mencapai sesuatu  yang luar biasa, karena kita semua memiliki kemampuan  yang luar biasa).
Manusia dilahirkan untuk sukses, bukan untuk gagal.
(Henry David thoureau)
Kita harus memberikan yang terbaik. Ini merupakan tanggung jawab kita sebagai umat ( Einsten)
Kekuatan yang ditimbulkan pikiran bawah sadar ini pun tidak terbatas. Jika ada orang merasa kemampuannya sangat terbatas, bearti potensi yang ia gunakan sangat sedikit, karena sub conscious mind sudah mendapatkan pesan untuk dapat melakukan sesuatu, maka kekuatan yang ditimbulkan akan luar biasa. “He can who thinks he can, and he can’t who thinks he can’t. This in an inexorable, indisputable law”. ( Ia yang berpikir bisa, maka pasti bisa. Tetapi ia tidak bisa, karena ia berpikir tidak bisa). Hukum ini jelas dan tidak dapat diganggu gugat.)     
Keinginan yang besar juga dapat menjadi manusia mampu menikmati proses pencapaian sebagai sebuah kesenangan yang penuh dengan energi. “dengan keinginan yang besar  manusia akan dapat menemukan nilai-nilai kesusuksesan itu”.
Keinginan manusia yang lebih tinggi mendorong manusia untuk menjadi lebih kreatif. Dr. Wayne W. Dyer mengatakan ‘kreatifitas merupakan indikasi  bahwa kau (Manusia) memiliki keunggulan yang luar biasa’.
Tidak ada kata terlambat untuk menjadi apapun yang engkau inginkan, kita dilahirkan didunia ini satu kali saja, hanya untuk sukses kaya dan sejahtera”.
Cara mengekplorasi semua nilai-nilai special dari diri manusia pada intinya adalah melakukan perubahan. Kata Socrates, “ jika seseorang ingin mengubah dunia, maka harus mengubah dirinya sendiri”. Langkah pertama dalam mengubah adalah membebaskan diri dari belenggu keterbatasan, rasa takut, bingung dan khawatir. Dan melakukan sesuatu yang nyata dan secara simultan.
Johann von gooethe menerangkan, “pengetahuan tidaklah cukup , kita harus memperaktikkannya. Kemauan juga tidak cukup, kita harus mengerjakannya”. Sebab dorongan yang kuat hanya akan menimbulkan frustasi, jika tidak dikerjakan.
Ralph Marston juga menjelaskan, “untuk merealisasikan apa yang kau pikirkan, maka definisikan impian itu. Untuk mendifinisikan impian itu, lakukanlah tindakan. Apa yang kau kerjakan dalam upaya menciptakan kesuksesan jadikanlah kebiasaanmu (menciptakan kesuksesan), maka akan menjadi bagian dari hidupmu”.
Oleh karena itu pergunakan semua potensi yang luar biasa didalam diri kita seoptimal mungkin. Mulai saat ini, jangan pernah menunda kesempatan untuk membuktikan bahwa kita dilahirkan kaya dan sukses.
B.     Alasan dan Prinsip Kesuksesan
tidak ada sesuatu pun yang terlalu tinggi untuk dapat kita raih, tetapi kita harus mendaki dengan hati-hati dan penuh percaya diri”.(Hans Christian Andrersen)
Proses pencapaian kesuksesan menuntut kita melakukan perubahan-perubahan hingga mencapai keseimbangan hidup, jika mampu melakukan perubahan positif  secara simultan dan menjalani prosesnya dengan penuh rasa gembira dan semangat kerja tinggi bearti kita mampu mencapai kesuksesan.
Setiap orang dapat membuktikannya dirinya mampu menjadi orang yang sangat sukses.
Dua prinsip penting untuk mencapai sukses yaitu :
·         Masa lalu berbeda dengan masa akan datang
Jangan membuang waktu percuma hanya untuk membanggakan masa lalu. Bila selama 2 jam kita menceritakan masa yang lalu, bearti kita kehilangan  waktu 2 jam untuk membangun kesuksesan. “ tak seorang pun diantara kita dapat mengubah kejadian-kejadian yang telah berlalu, tetapi kita semua masih dapat mengatur kemungkinan di masa yang akan datang”. (Collin Powell).
·         Tidak ada kegagalan, yang ada hanyalah hasil sementara yang kurang memuaskan.
Banyak orang yang tidak berani mencob karena takut gagal, tetapi sebenatnya tidak ada kata kegagalan. Selagi kita masih mempunyai kemauan untuk berusaha, selagi masih mempunyai kemauan untuk berusaha, maka masih selalu ada kesempatan atau kemungkinan untuk sukses. Kegagalan sebenarnya hanyalah hasil sementara yang kurang memuaskan.
“ hapus kata gagal dalam kamus hidup kita dengan bersikap lebih giat dalam berusaha meraih cita-cita”.
Dalih yang sering dikatakan yaitu :
-          Pendidikan
Mereka malas berusaha dan sering mengatakan bahwa kesuksesan  lebih ditentukan oleh faktor pendidikan, padahal hasil survey menunjukkan 20% milyader tidak tamat SMP.
-          Usia
Faktor usia bukanlah hal yang harus dijadikan  alasan untuk tidak berusaha sebab modal terpenting dalam kesuksesan atau prestasi hidup hanyalah kemauan untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, dengan menggunakan segala potensi yang ada, belajar kembali dan bekerja keras.
-          Fisik
Helen Keller, ia seorang wanita yang cacat sejak kecil, yaitu tidak dapat mendengar dan melihat. Tetapi keterbatasan fisik tidak ia jadikan penghalang untuk menciptakan prestasi hidup. Sebaliknya, ia merupakan salah seorang motivator wanita terhebat di dunia. Sekali lagi faktor fisik sama sekali bukan alasan untuk sukses.
Prinsip utama dalam meraih kesuksesan memerlukan kamauan yang kuat untuk berusaha, belajar, dan memfokuskan diri pada satu impian. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dikembangkan, yaitu:
-          Kasadaran fisik
Emampuan mengenal diri dan mengobservasi perasaan diri sendiri, termasuk membina iman dan ketaqwaan.
-          Mengolala Emosi
Kemampuan mengelola emosi dan memahami alasannya
-          Memotivasi diri sendiri
Kemampuan mengendalikan emosi guna mendukung pencapaian tujuan.
-          Empati
Kemampuan untuk mengelola sensitivitas, menempatkan dari sudut pandang orang lain sekali gus menghargainya.
-          Menjaga relasi
Kemampuan berinteraksi dan menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, disebut juga kemampuan social atau interpersonal.
Salah satu langkah efekfifmencapai kesuksesan yaitu meningkatkan wawasan atau ilmu pengetahuan. David Schwartz, mengatakan “kesuksesan seseorang bukan diukur dari penampilan atau gelarnya, atau latar belakangnya, melainkan diukur dari seberapa besar pikiran mereka”.
C.     Kekuatan Impian
Impian adalah ambisi dari dalam diri manusia yang terjadi penggerak untuk maju. Kekuatan dan kepintaran tidak akan berguna tanpa impian, sebab impian memberikan arah tujuan dan merupakan komponen penting untuk dapat berkembang lebih jauh.
Impian akan mempengaruhi pikiran bawah sadar. Misalnya kita memimpikan sebuah kamera merek A, maka kita akan lebih jeli dalam memperhatikaan barang tersebut. Jadi impian berperan sebagai sumber kekuatan serta keteguhan. Mereka mengerjakan sesuatu dengan giat, sebab mereka sangat memimpikannya  (Stepler.B). Tantangan berat yang harus dihadapi saat berusaha mewujudkan  impian bukan menjadi suatu halangan yang bearti, jika impian sudah menjadi nafas kita.
jangan menyerah, lakukan yang terbaik”.
Banyak orang yang tidak berhasil dalam mewujudkan impian disebabkan  sikap mereka tidak teguh dalam mempertahankan impian. Menurut Anais Nin “hidup ini mengerut atau berkembang sesuai dengan keteguhan hati seseorang”. Jika impian dapat dipertahankan, impian itu sendiri merupakan sumber energy menghadapi tantangan yang tidak gampang. Tips sederhana dengan kata PLUS, yaitu : Percaya, Loyalitas, Ulet, Sikap mental positif.  
Tips pertama PERCAYA bahwa impian pasti akan dapat diwujudkan percayalah sesuatu pasti dapat dikerjakan. Jika kau percaya sesuatu itu dapat kau kerjakan, dan sangat percaya, maka pikiranmu akan berusaha mencari cara untuk mengerjakannya. Kepercayaan pada sebuah solusi mengantarkan kepada sebuah solusi” (David.S).       rasa percaya diri akan menjadikan seseorang pentang menyerah, meskipun orang lain mengkritik atau menghalangi.    

Sumber : Buku Dressed for success by Andrew ho